Skip to main content

Mompreneur: Smart Mom, Smart Entrepreneur with Dell

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia entrepreneur didefinisikan :
"Sebagai orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menyusun cara baru dalam berproduksi, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, mengatur permodalan operasinya, serta memasarkannya."
Kalo Mompreneur? Ibu yang memutuskan untuk jadi entrepreneur donk tentunya. Kamis minggu lalu sambil nunggu waktunya berbuka puasa, Mommies Daily ngadain acara "Mompreneur: Smart Mom, Smart Entrepreneur with Dell." Menarik banget buat gw yang pengen lengser dari dunia perkantoran.

Mbak Inga, sang presenter acara "Mompreneur: Smart Mom, Smart Entrepreneur with Dell."
(picture taken from @mommiesdaily twitter account)
Mbak Fia, selaku Managing Editor Mommies Daily membuka acara
(picture taken from @mommiesdaily twitter account)
Ada dua narasumber mompreneur beken yang bakal nge-share pengalamannya, Hanifa Ambadar, sang empunya Female Daily dan Diajeng Lestari, founder-nya Hijup.com. Seru banget!

ki-ka:
 Inga Laurina(presenter), Oliviana Levi(Consumed Marketing Manager Dell Indonesia), Diajeng Lestari(founder dan CEO Hijup.com) dan Hanifa Ambadar (founder dan CEO Female Daily)
(picture taken from @mommiesdaily twitter account)


How they started?

Cerita dibalik terbangunnya Female Daily Kingdom, konon dibangun dari blog gratisan yang dulu digeluti sama mbak Hani dari tahun 2005, waktu itu mbak Hani masih kuliah di US dan saat itu udah memspesialisasikan blognya di bidang fashion (gak kaya gw yang blognya campur-campur gini hihi). Melihat antusiasme yang cukup tinggi, lalu memutuskan untuk serius menggarap project ini sampai ketika pulang ke Indonesia. Dimulai dengan kantor Female Daily pertama yang besarnya cuma sekitar 3x3 saja bersama rekannya. Berjalanlah Female Daily sampai bisa sukses seperti sekarang ini.  Sampai saat gw bikin postingan ini aja Female Daily udah punya 230393 member. WOW!

Sementara itu mbak Diajeng yang sempat mencicipi jadi pegawai kantoran, seiring dengan banyaknya masukan yang ia berikan ke bossnya saat itu, dia mmenemukan bahwa ternyata passionnya adalah menjadi boss untuk dirinya sendiri. Lalu mulailah dibangun Hijup yang diawali hanya 11 tenant dan gudang sebesar 3x3 saja. Sekarang? 200 tenant!! Luar biasa yaa... Suka liat donk iklannya malah sering banget seliweran di TV belakangan ini. 

Tips:

Menurut mbak Hani, salah satu yang terpenting ketika dia mulai membangun Female Daily adalah rekan yang tepat. Rekan disini maksudnya rekan bisnis ya. Untuk share dan berbagi tanggung jawab bersama. Sesuai sama salah satu jargon yang suka gw baca di kantor TEAM : Together Everyone Achieve More. Selain itu kerja keras dan ketekunan adalah modal utama, jangan berharap hal yang instan, hari ini jualan besok langsung tenar dan tajir misalnya :D 

Sementara kalo tips dari mbak Diajeng, sesuai dengan nama brandnya, yaitu : HIJUP

H : Honest
Jujur sama diri sendiri, Tanya sama diri sendiri. Is it my passion? Dan tentunya jujur sama klien. 

I : Innovative
Sesuai dengan kata-kata entrepreneur itu sendiri tentunya bikin usaha harus inovatif, mengembangkan terus dengan ide-ide yang fresh dan kreatif.

J : Just do it
Seringkali kita maju mundur ketika mau bisnis. Disini harus ada sedikit modal dikit. Jalanin aja hantam dulu.

U: Unique
Supaya customer tertarik buat beli harus ada yang unik donk dari produk kita?

P : Pray 
Last but of course not least, berdoa dan doa terus karena apalah kita tanpa Allah SWT.

Tambahan tips juga yaitu dukungan dari keluarga khususnya suami dan juga fokus dalam menjalankan binis. 

Tools:
Tentunya punya usaha di bidang online ini, ada beberapa must havtools yang bakal ngebantu banget, contohnya: smartphone, tablet atau notebook

Mbak Oliv dari Dell Indonesia, memperkenalkan produk unggulannya Dell Inspiron 13 7000 Series 2-in-1 Laptop, aduh ini keren banget ya, bisa jadi tablet dan juga notebook, bisa diputer-puter #norak. Ini berguna banget para mompreneur yang membutuhkan notebook andalan untuk membantu kegiatan sehari-hari berselancar di dunia maya untuk kebutukan bisnisnya.



all pictures taken from Google
Ngiler gak? Gw sih ngiler banget, dengan ukuran ringan yang gak sampe 2 kg, terus lagi udah ada yang pake Inter Core i7. Oh I miss being in college and comparing notebooks specs.

Akhirnya begitu acara usai langsung lah para peserta termasuk gw nimbrung di depan counternya Dell yang sore itu ada di HQ Female Daily. Setelah puas ngiler-ngiler liat akhirnya tiba waktunya berbuka puasa. 

Para pemenang doorprize yang diapit ama Mbak Hani dan Mbak Diajeng
(picture taken from @mommiesdaily twitter account)

Para peserta talkshow "Mompreneur: Smart Mom, Smart Entrepreneur with Dell" (hiks gw ga ada lagi solat)
(picture taken from @mommiesdaily twitter account)


Ditutup dengan pembagian doorprize yaitu Speaker Dell dan  Dell Inspiron 13 700 Series 2 in 1 Laptop yang mana gw ga dapet :(. Ngabuburit dan buka puasanya alhamdulillah yah bermanfaat banget. Looking forward buat event-event berikutnya. 

Thank you for having me!

Psst, yuk kita jadi mompreneur.. Langsung bersemangat menghidupkan kembali bisnis botol ASIP setelah dedek bayi lahir. Jangan mau kalah ama juragan lipen dibawah ini ahaha... Sekalian ya kemaren gw buka puasa ama jeng Iti n jeng Dhita.

foto bareng juragan lipen dan liburan @turiskece
Selamat menjadi entrepreneur semuanya...



Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Rangkuman Hasil Terapi Ghiffari selama setahun

Terhitung setahun kurang beberapa minggu (dulu mulai terapi awal February). Rekap Terapi selama satu tahun terakhir: Terapi awal 3 bulan pertama hanya Terapi Sensor Integrasi 2x seminggu. Rabu 08.45-09.30 Jumat 08.45-09.30 Setelah 3 bulan konsultasi lagi ke dr.Luh kemudian ditambah Terapi Wicara, tapi karena baru ada space untuk 1kali. Jadi selama kurang lebih 3 bulan pertama terapi wicaranya hanya satu minggu sekali. Selasa 08.45-09.30 Rabu 08.45-09.30 Jumat 08.45-09.30 Setelah ada space yang kosong akhirnya ditambah jadi 2x terapi. Selasa 08.45-09.30 Rabu 08.45-09.30 Jumat 08.00-09.30 Begitu seterusnya sampai di bulan Oktober kemaren terapis wicaranya ijin cuti melahirkan. Akhirnya ada pergantian jadwal jadi lebih simple si. Cuma 2x sminggu tapi terapi tetep 2x Rabu 08.45-10.15 Jumat 08.00-09.30 Dan selama 1 tahun itu ada kurang lebih 4x pertemuan dengan dr.Luh (3bulan sekali). Untuk evaluasi hasil terapi per 3 bulan. Diagnosa kemungkinan PDD NOS

Umur berapa? F O U R

Si bocah super ucul ini udah 4 tahun lho..  Setiap ditanya Ghiffari ulang tahun ke berapa dia jawab "FOUR" Karena belakangan demen banget maen games minion jadi gw beride bikin surprise cake yang ternyata dia seneng banget ampe dijagain melulu kuenya hihihi... Taun ini tiup lilin di sekolah yang pertama kali.  Dan temen-temennya semua juga pada sibuk liatin kue ini sambil dipegang-pegang. Ini bocah-bocah preschool pada lucuk amat yak. Kuenya sendiri seperti taun sebelumnya pesen di April Cake . Sneak and Peak kelasnya bocah. Abis tiup lilin disuruh cium bocah. Fotonya cuma ada yang gw cium Ghiffari  padahal mestinya ada yang gw ama Chaca cium Ghiffari cuma sayang banget fotonya blur.  Hiks.. Dibikinin ama gurunya di sekolah...  Gw jadi inget waktu jaman gw TK guru TK gw gambar manual pake kapur warna warni sungguh beruntung guru TK jaman sekarang :p Di sekolahnya Ghiffari ada aturan ga usah bagi-bagi Goody Bag walaup

I am Blessed.. (2)

Pagi ini gw bangun dengan perasaan agak mellow. For an update, gw menerima ajakan bos gw untuk pindah bagian supaya tetep stay under 'jajahan' dia dan pertimbangan lain adalah untuk melihat pekerjaan gw dari sisi perspektif yang lain. Setelah berulang kali bos gw menawarkan dan gw selalu bilang "yah liat nanti kalo ada posisi" akhirnya beneran ada posisi. Dan kali ini gw kudu jawab serius. Gw sempet galau sibuk tanya sana sini dan berulang kali nanya ama diri sendiri apa yang sebenernya gw mau. Akhirnya gw putuskan buat terima. I need to get out from this super comfy zone. Setelah keputusan dibuat dan gw kasih tau bos gw. Mulai lah komentar berdatangan. Inilah yang bikin gw mellow. FYI buat orang yang udah kenal gw biasanya tau banget kalo gw orangnya super cuek. Well gw berusaha buat kerja sebaik mungkin donk bukan buat orang lain tapi justru buat diri sendiri. Ada satisfaction ketika gw bekerja sesuai dengan standar gw. Ok kembali soal komentar... Ket