Skip to main content

Dana Pendidikan Ghiffari

Banyak orang bertanya gimana sih cara memanage dana pendidikan untuk Ghiffari sekolah nanti. Sekitar satu tahun yang lalu waktu Ghiffari baru lahir, saya membuat asuransi pendidikan di salah satu perusahaan asuransi dengan sistem auto debt setiap bulannya sebesar 500.000. Ketika itu saya sama sekali belum melek financial.

Masuk ke kantor, seorang teman kantor bercerita tentang reksadana + logam mulia (emas). Tapi karena hanya selewat maka saya acuhkan saja. Sampai saya terlibat suatu pembicaraan serius dengan seorang teman dekat dari jaman kuliah yang benar-benar meyakinkan kalo saya super payah dalam urusan investasi. I know nothing.

Berbekal dengan rasa ingin tahu dan kesal karena merasa bodoh saya mati-matian belajar ilmu investasi sejak saat itu. Sebelum memulai saya ingin yakin dulu tentang urusan investasi ini.

Referensi-referensi saya ketika itu adalah link-link berikut:

Dan juga beberapa masukan dari sesama orang tua
Juga berbagai artikel lainnya yang saya lupa ada dimana saja. 
Selain itu saya juga follow twitter para perencana keuangan untuk berbagai tips yang seringkali diberikan.

@mrshananto - Ligwina Hananto
@ahmadgozali - Ahmad Gozali
@safirsenduk - Safir Senduk
@aidilakbar - Aidil Akbar
@endykurniawan - Endy Kurniawan - Pemerhati logam mulia - Penulis buku Think Dinar!
@salmadinar - update harga Dinar, Dirham, Logam Mulia 
@emas24karat - update harga LM

Hasil dari baca-baca sana sini, beginilah perencanaan dana pendidikan Ghiffari sampai hari ini.


Darimana rekaan dana yang ditaruh di kolom "Total Investasi Saat Ini", dari hasil tanya-tanya ke ibu-ibu sekitar (read: my big sis and bro). 
Untuk dana Playgroup yang udah disurvey sebenarnya nilainya kurang dari yang tertulis. Tapi seperti kata Ligwina Hananto mestinya kita menaruh dana yang termahal seperti sekolah swasta sebagai target. 
Begitu pula untuk TK dan SD karena kebetulan kakak laki-laki saya mendaftarkan putri-putrinya ke TK jadi saya punya gambaran harga saat ini. 
Untuk SMP dan SMA kebetulan saudara sepupu baru saja memasukkan anaknya ke sekolah negeri dan nilainya masih dibawah yang dituliskan diatas tapi mungkin saja sekolah swasta jauh lebih mahal dari itu.
FYI, ini ilustrasi sekolah di Bogor, tempat tinggal saat ini, jadi kalo pindah ke luar kota juga bingung mungkin mesti dirombak lagi :)
Untuk kuliah sendiri saya ambil dari kalkulator Sequis Life untuk mendapatkan nilai Rp.150.000.000

Bagaimana cara memenuhi dana pendidikan tersebut? Sebagian orang-orang memilih untuk mencicil ada juga yang langsung melunasi dari sekarang. Menurut saya sih itu pilihan tiap keluarga karena kondisi keuangan tiap keluarga berbeda. Keuntungan mencicil tentunya terasa lebih ringan setiap bulannya sementara langsung dipenuhi dari sekarang berarti lebih cepat selesai.
Kalo untuk kita sendiri, beberapa kita pilih cicil dan beberapa langsung dilunasi jadi mengadopsi kedua keuntungan (begitu pula kerugian).

Selamat berhitung.. :)


Comments

  1. Weiiz...emas 350 gram mak?wkwkwwkwkw...
    Puyeng yah belum mikir dana darurat dana buat rumah, etc..
    Semoga kita selalu dimudahkan rejekibuat nyekolahin anak2 kita yah mak :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Rangkuman Hasil Terapi Ghiffari selama setahun

Terhitung setahun kurang beberapa minggu (dulu mulai terapi awal February). Rekap Terapi selama satu tahun terakhir: Terapi awal 3 bulan pertama hanya Terapi Sensor Integrasi 2x seminggu. Rabu 08.45-09.30 Jumat 08.45-09.30 Setelah 3 bulan konsultasi lagi ke dr.Luh kemudian ditambah Terapi Wicara, tapi karena baru ada space untuk 1kali. Jadi selama kurang lebih 3 bulan pertama terapi wicaranya hanya satu minggu sekali. Selasa 08.45-09.30 Rabu 08.45-09.30 Jumat 08.45-09.30 Setelah ada space yang kosong akhirnya ditambah jadi 2x terapi. Selasa 08.45-09.30 Rabu 08.45-09.30 Jumat 08.00-09.30 Begitu seterusnya sampai di bulan Oktober kemaren terapis wicaranya ijin cuti melahirkan. Akhirnya ada pergantian jadwal jadi lebih simple si. Cuma 2x sminggu tapi terapi tetep 2x Rabu 08.45-10.15 Jumat 08.00-09.30 Dan selama 1 tahun itu ada kurang lebih 4x pertemuan dengan dr.Luh (3bulan sekali). Untuk evaluasi hasil terapi per 3 bulan. Diagnosa kemungkinan PDD NOS

Sentuhan Ibu: Memberikan yang Terbaik untuk Anak

Tulisan yang dibuat untuk TUM:  Desember tahun ini Ghiffari, anak pertama kami, genap berusia 9 tahun. Berarti sudah 9 tahun lamanya saya menyandang profesi ibu. Dan artinya sudah sekitar 7.5 tahun saya berkutat dengan rutinitas terapi setelah Ghiffari didiagnosa PDD-NOS, salah satu dari 5 gangguan spektrum Autisme. Di awal kehidupannya, Ghiffari adalah bayi yang tidur larut malam, siang jadi malam, malam jadi siang, dan seringkali menangis tanpa sebab. Dugaan kolik mendorong kami untuk rutin memijatnya karena selain untuk mengurangi kerewelannya, saya percaya #SentuhanIbu secara fisik  meningkatkan  bonding  ibu dan anak. Kala itu saat menjalani kehidupan layaknya ibu baru, memiliki buku panduan tentang tumbuh kembang anak adalah hal yang wajib. Dari panduan itu pula saya menyadari ada perbedaan dalam tumbuh kembang Ghiffari sejak ia berusia 8 bulan. Pertanyaan saya ketika itu adalah ke mana sebenarnya pertanyaan ini harus diajukan? Apa yang harus kami lakukan kalau memang ke

Umur berapa? F O U R

Si bocah super ucul ini udah 4 tahun lho..  Setiap ditanya Ghiffari ulang tahun ke berapa dia jawab "FOUR" Karena belakangan demen banget maen games minion jadi gw beride bikin surprise cake yang ternyata dia seneng banget ampe dijagain melulu kuenya hihihi... Taun ini tiup lilin di sekolah yang pertama kali.  Dan temen-temennya semua juga pada sibuk liatin kue ini sambil dipegang-pegang. Ini bocah-bocah preschool pada lucuk amat yak. Kuenya sendiri seperti taun sebelumnya pesen di April Cake . Sneak and Peak kelasnya bocah. Abis tiup lilin disuruh cium bocah. Fotonya cuma ada yang gw cium Ghiffari  padahal mestinya ada yang gw ama Chaca cium Ghiffari cuma sayang banget fotonya blur.  Hiks.. Dibikinin ama gurunya di sekolah...  Gw jadi inget waktu jaman gw TK guru TK gw gambar manual pake kapur warna warni sungguh beruntung guru TK jaman sekarang :p Di sekolahnya Ghiffari ada aturan ga usah bagi-bagi Goody Bag walaup