Skip to main content

Cerita diet Ghiffari - 3

Maaf baru nongol ga sesuai janji mau ngeblog tiap senen. 

Biar gw bisa menyemangati diri sendiri coba kita list yah yang udah kita accomplished selama nyaris 8 bulan Ghiffari diet :

  1. Di cerita sebelumnya gw udah bilang bahwa Ghiffari jadi suka mukul dada dan kepala sendiri (keras banget pulak). Dalam sekitar kira-kira 4 bulan alhamdulillah banget ini reda. Yang pertama hilang pukul dada kalo ga salah setelah 2 bulan hilang sama sekali. Jangan harap ga pake proses ya 3 minggu pertama pas proses detox dan die off, instead of mereda tapi jadi makin menggila. Tapi setelah 3 minggu frekuensinya menurun drastis. Kita mulai bisa melewati hari tanpa pukulan. Saat ini untuk pukul kepala masih on and off gw menyadari bahwa kalo Ghiffari makan too much sugar intake dari buah-buahan (yang sebenernya juga masih ilegal di stage awal) gejala ngotot dan pukul kepala masih suka keluar walaupun frekuensinya short period dan jarang tapi gw blm bisa bilang bersih. Untuk pukul meja atau pintu atau apalah jg sama masih ada sedikit-sedikit tapi ga lama dan itu pun kalo ud ngantuk berat atau moody berat. Tapi masih ada yaa BELUM HILANG semua.
  2. Accomplishment paling membahagiakan tahun ini adalah jreng jreng.... POTTY TRAINING sudah USAI. Jadi ya, setelah gw potty training selama errrrrr 5 years? Kalo untuk pipis lunas diumur 3-4 tahun. Lain halnya untuk pup baru sekitar 2 bulan terakhir kita bener-bener udah lepas Ghiffari. Dari mulai masuk ke kamar mandi, pup, cebok sampe selesai udah mandiri. Padahal gw udah lepas pampers dari 2-3 taun lalu tapi setelah diet ini, mungkin karena udah lebih ngerti juga, dia  ngomong aja gitu sendiri "mau pup", melenggang ke kamar mandi, doing his job, done terus cebok-cebok bersih-bersih. Alhamdulillah... Emaknya langsung sujud syukur!
  3. Seperti yang gw bilang di posting sebelumnya, Ghiffari jadi mendadak suka ngompol setelah gw hamil, ditenggarai secara psikologis dia merasa terganggu akan hadirnya manusia lain diantara kami hehe.. Di awal permulaan diet, Ghiffari selalu ngompol tidur siang tidur malam dan pipis banyak banget di minggu pertama dan kedua. Tapi terus mulai berkurang dan hilang sama sekali di bulan ke 2-3. 
  4. Tidak seperti di bulan-bulan awal yang kalo mau makan gw kudu sembunyi dulu. Sekarang kita semua makan satu meja dan Ghiffari ga pernah minta atau nyolong makanan yang memang tidak disediakan buat dia lagi. Kalo kita tanya "Kenapa ga boleh makan Vetsin/MSG", dia akan jawab "Nanti Aa jadi Error" jadi alhamdulillah nya dia sendiri diberi kesadaran untuk tidak makan yang bisa menimbulkan reaksi dalam hal ini emosi berlebih.


Ihhhhh.... keren banget.. Nah sekarang bagian paitnya haha...
  1. Mensyukuri kenyataan banyak yang sudah diraih, menyadari masih lebih banyak peer kita ke Ghiffari. Dan semangat yang naik turun, ada masanya kendor dan masanya penuh semangat. 
  2. We stop eating out, yang mana sulit mengingat hobi kami sekeluarga makan. Tapi gw jadi dipaksa lebih kreatif masak di rumah. 
  3. Setiap kita coba makan diluar, beberapa berhasil tidak menimbulkan gejolak, tapi beberapa menghasilkan dampak yang memprihatinkan. Jadi tepat pada saat gw menulis ini, gw dan Chaca sedang berpikir untuk kembali ke kehidupan goa dan berenti makan diluar untuk coba-coba hehe.. Lebih kearah yaudah sih ga pergi jalan-jalan sampe 2 taun juga gapapa mestinya. 
Supaya afdol kita kasih foto juragan yang lagi seneng belajar angka dan menghitung plus belajar baca...



Gw lagi ikut course GAPS Diet di HonestBody secara online. Jadi bagi-bagi ilmunya sambil nunggu agak faseh dulu ya hihi...

Sampai jumpa di cerita diet selanjutnya

Comments

  1. Liaaaaaa....gue baru aja teleponan sama nyokap membahas tulisan lo ini. Gue menyarankan GAPS diet buat nyokap karena blio menderita berbagai macam penyakit pencernaan kronis. Baca-baca online, kayanya GAPS cocok banget buat memperbaiki pencernaan yang bermasalah. Gue juga kepikiran mau jalanin Full GAPS diet karena gue diabetic prone dan udah bbrp kali gula darah agak tinggi walaupun belom masuk kategori diabetes.

    Pertanyaan gue: boleh gak menjalani GAPS sambil makan obat? Nyokap rutin makan obat darah tinggi sama pengencer darah. Bertentangan gak sama GAPS?
    Trus, ada gak sih info GAPS dalam bahasa indonesia atau komunitasnya? Nyokap gue gak lancar2 amat bahasa inggris soalnya. Jadi susah mau forward artikel2 ttg GAPS ke doi.

    Gue belon siap euy buat ikut kursusnya. Mihil amaaat soalnya. Lo beli bukunya gak? Membantu gak? Atau bisakah memulai GAPS dengan bahan2 gratisan yang gue temukan di internet?

    Trus,...Ghiffari mulai dietnya dari Introduction stage gak? Atau langsung ke FULL GAPS stage? Intro stagenya itu ngeri bener ya, mak! Makanan yang boleh dimakan cuma segelintir amatan. Trus...ada ngalamin die-off phase gak? Separah apa sih fase ini? Gak tega juga bayangin harus sakit-sakitan ngejalanin dietnya.

    Duh, yang jelas gue gak sabar nunggu tulisan lo berikutnya. Jelasin dong pliiiiis tahap-tahapan diet yang lo lakukan buat ghiffari. Summary kursusnya juga ditungguin banget!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Justru belum umum kayanya ya di Indonesia... Nanti gw coba tulis ya rik.. tp ga harus intro dl bisa langsung ke full gaps kalo ud siap mental br intro. Kebanyakan malah disaranin gitu.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Rangkuman Hasil Terapi Ghiffari selama setahun

Terhitung setahun kurang beberapa minggu (dulu mulai terapi awal February). Rekap Terapi selama satu tahun terakhir: Terapi awal 3 bulan pertama hanya Terapi Sensor Integrasi 2x seminggu. Rabu 08.45-09.30 Jumat 08.45-09.30 Setelah 3 bulan konsultasi lagi ke dr.Luh kemudian ditambah Terapi Wicara, tapi karena baru ada space untuk 1kali. Jadi selama kurang lebih 3 bulan pertama terapi wicaranya hanya satu minggu sekali. Selasa 08.45-09.30 Rabu 08.45-09.30 Jumat 08.45-09.30 Setelah ada space yang kosong akhirnya ditambah jadi 2x terapi. Selasa 08.45-09.30 Rabu 08.45-09.30 Jumat 08.00-09.30 Begitu seterusnya sampai di bulan Oktober kemaren terapis wicaranya ijin cuti melahirkan. Akhirnya ada pergantian jadwal jadi lebih simple si. Cuma 2x sminggu tapi terapi tetep 2x Rabu 08.45-10.15 Jumat 08.00-09.30 Dan selama 1 tahun itu ada kurang lebih 4x pertemuan dengan dr.Luh (3bulan sekali). Untuk evaluasi hasil terapi per 3 bulan. Diagnosa kemungkinan PDD NOS

Umur berapa? F O U R

Si bocah super ucul ini udah 4 tahun lho..  Setiap ditanya Ghiffari ulang tahun ke berapa dia jawab "FOUR" Karena belakangan demen banget maen games minion jadi gw beride bikin surprise cake yang ternyata dia seneng banget ampe dijagain melulu kuenya hihihi... Taun ini tiup lilin di sekolah yang pertama kali.  Dan temen-temennya semua juga pada sibuk liatin kue ini sambil dipegang-pegang. Ini bocah-bocah preschool pada lucuk amat yak. Kuenya sendiri seperti taun sebelumnya pesen di April Cake . Sneak and Peak kelasnya bocah. Abis tiup lilin disuruh cium bocah. Fotonya cuma ada yang gw cium Ghiffari  padahal mestinya ada yang gw ama Chaca cium Ghiffari cuma sayang banget fotonya blur.  Hiks.. Dibikinin ama gurunya di sekolah...  Gw jadi inget waktu jaman gw TK guru TK gw gambar manual pake kapur warna warni sungguh beruntung guru TK jaman sekarang :p Di sekolahnya Ghiffari ada aturan ga usah bagi-bagi Goody Bag walaup

I am Blessed.. (2)

Pagi ini gw bangun dengan perasaan agak mellow. For an update, gw menerima ajakan bos gw untuk pindah bagian supaya tetep stay under 'jajahan' dia dan pertimbangan lain adalah untuk melihat pekerjaan gw dari sisi perspektif yang lain. Setelah berulang kali bos gw menawarkan dan gw selalu bilang "yah liat nanti kalo ada posisi" akhirnya beneran ada posisi. Dan kali ini gw kudu jawab serius. Gw sempet galau sibuk tanya sana sini dan berulang kali nanya ama diri sendiri apa yang sebenernya gw mau. Akhirnya gw putuskan buat terima. I need to get out from this super comfy zone. Setelah keputusan dibuat dan gw kasih tau bos gw. Mulai lah komentar berdatangan. Inilah yang bikin gw mellow. FYI buat orang yang udah kenal gw biasanya tau banget kalo gw orangnya super cuek. Well gw berusaha buat kerja sebaik mungkin donk bukan buat orang lain tapi justru buat diri sendiri. Ada satisfaction ketika gw bekerja sesuai dengan standar gw. Ok kembali soal komentar... Ket