Skip to main content

si Mata Minus and Hard Lense

Dulu sekitar 5 tahun lalu gw pernah bikin postingan soal Mata Minus vs melahirkan.
Semenjak terakhir cerita itu ditulis minus gw masih naik loh tiap tahun.
Well ga tiap tahun sih karena di tahun 2012, setelah satu tahun berenti bekerja. Minus gw BERKURANG.
Sekitar 0.5.

Jadi ya ceritanya sekitar tahun 2007, gw dateng ke JEC buat periksa mata dan nanya-nanya soal LASIK.
Terus dari hasil obrolan sama dokter mata saat itu. Beliau bilang mendingan nunggu sampai minus mata stabil.
Karena kalo ga sayang, kalo abis dilasik terus ga berapa lama minusnya keluar lagi.
Abis denger penjelasan kaya gini, okelah gw memutuskan nunggu aja dulu 1-2 tahun (soalnya duit buat lasiknya jg ga ada gaya doank nanya-nanya deh -_- ).

7 tahun berselang, mana nih minus tetep aja naek terus. Dan posisi terakhir minus gw setahun kemarin adalah 8.00. Setahun yang lalu pas cek mata berkala sambil curhat sama dokter matanya yang manis dan keibuan di Hermina Bogor (lupa namanya siapa), disaranin coba ke JEC lagi aja untuk bikin contact lens (hard lens).
Nah seminggu yang lalu akhirnya gw tunaikan janji sama diri gw sendiri buat ke JEC dan konsultasi contact lens.

Gw pergi ke Dr. Tri Rahayu, SpM, FIACLE, gw dapet referensi dokter mata ini dari ipar gw yang dulu pernah bikin juga. Karena udah lama gak ke JEC. Jadi gw baca-baca dulu webnya. Ternyata (norak part) sekarang udah bisa daftar online lho. Jadi gw daftar akhirnya dan begitu daftar online dapet email dan sms konfirmasi. Sejam sebelum berangkat ke dokternya ditelepon sama susternya juga.
Begitu gw sampai di JEC, gw agak amazed ya perasaan baru 2 taun lalu kesitu tapi sekarang udah canggih gitu perubahannya. Kartu rumah sakit yang dulu kartu hard cover sekarang diganti sama e-card. Yang gw agak heran sih abis daftar online mesti daftar ulang lagi di lobby.

Setelah itu ke lantai 5 untuk diperiksa awal sebelum masuk ke ruang dokter. Sambil nunggu gw baca novel. Begitu gw dipanggil si novel ini gw tenteng ke ruang dokter. Langsung donk dokternya nanya itu novel segitu selesai berapa lama sehari selesai? Gw bengong sambil jawab dengan polos ga kok dok 2-3 hari pas di kereta aja bacanya.

Sambil cerita ngalor ngidul soal minus mata gw, soal kemungkinan Ghiffari kena minus, soal genetis yang konon adalah salah satu hal yang paling menentukan buat minus.
Tapi beberapa kesimpulan yang gw dapet sih kira-kira kaya gini :

  1. Kebiasaan mata bekerja keras terfokus pada benda dekat, kalo gw jelas ya kerja di bidang IT sehari-hari depan notebook (lah ini aja nulis blog depan notebook kan)
  2. Baca Novel terus menerus (i love love reading)
  3. Alasan kenapa minus gw bisa turun di tahun 2012, adalah karena kegiatan gw terfokus sama benda dekat berkurang drastis... (kebanyakan di dapur sama kebanyakan ngepel kan ya di Taipei :p)
  4. Genetis amat sangat berpengaruh, kalo mau mencegah jangan biarin Ghiffari maen smartphone/tab dan banyak kegiatan yang butuh fokus dekat. Harus banyak maen di luar dan liat alam yang hijau-hijau. Ini peer banget buat gw T_T
  5. Secara sporadis (keren ya bahasanya) dari hasil statistik menunjukkan penggunaan hard lense cenderung membuat mata minus stabil. Hard Lense ini bisa menahan untuk 2-3 tahun sampai diputuskan Lasik bisa dilakukan.

oh iya, posisi minus gw saat ini udah ada di angka 9.00. Tinggi banget kan. Gw aja dengernya stres.
Karena alasan-alasan itu dan 2 dokter mata yang udah bilang gitu gw akhirnya putusin buat pesen hard lens ini.

Sebelum pesan, kita fitting hard lense dulu, di contact lens centre masih di lantai yang sama lantai 5. Setelah ketahuan diameter mata, kita akan disuruh pake hard lens selama 15 menit sesuai dengan minus hasil pemeriksaan sebelumnya. Setelah itu dilakukan pemeriksaan ulang kaya pas pemeriksaan awal dateng ke JEC.

Dan gw baru tau, kalo RASANYA GAK ENAK BANGET. Itu hard lens bikin gw ngerasa kaya kelilipan terus menerus. Gw ampe mikir kayanya salah deh ini. Story continues, gw diperiksa lagi sama dokter mata. Kata dokternya alhamdulillah diameter gw cocok ama si hard lensnya terus gw langsung ngeluh bilang ini ga enak banget lah dan inilah itu lah. Terus dokternya bilang emang gitu butuh waktu kurang lebih 2 minggu sampe kerasa kaya soft lens biasa dan nanti akan ada jadwalnya misalnya hari pertama cuma 2 jam hari kedua sekian jam sampe 3 minggu terus konsultasi balik ke dokternya lagi. Alamak 2 minggu pingsan deh gw dengernya. Okelah ya demi.

Kata dokter, hard lens ini mereka mesti pesen ke Jepang jadi proses pembuatannya agak lama kira-kira 6 minggu. Dengan harga Rp. 3.650.000, - sementara ipar gw sendiri bilang sekitar 7 tahun lalu itu 2jutaan jadi kenaikannya dalam 7 tahun 80% kali yaa terkena imbas inflasi dollar dan lain lain.

Bismillah mudah-mudahan lancar ya... Doakan temans..






Comments

  1. jadi mendingan kamu fokus ke benda dapur lagi biar turun minusnya hihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya neh gw harus balik lagi ngedapur aja kayanya dudududdu...

      Delete
  2. Rp. 3.650.000, itu harga sepasang hard lense ya ?? belum sama konsultasi dokternya yah?? klo biaya konsultasinya berapa yah ??

    ReplyDelete
  3. Maaf mba mau tanya kalau mau konsultasi sama dokternya itu bisa daftar online? Atau harus dateng langsung ke JEC nya? Terimakasih mohon dijawab ya☺

    ReplyDelete
  4. Itu hardlense bisa dipakai tidur kak? Tiap berapa hari kalau dipakai tidur harus dicopot?

    ReplyDelete
    Replies
    1. penggunaan sama kaya soft lense.. tidak dipakai tidur..

      Delete
  5. Hard lensnya bisa tahan smpai brp lama mba? :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Rangkuman Hasil Terapi Ghiffari selama setahun

Terhitung setahun kurang beberapa minggu (dulu mulai terapi awal February). Rekap Terapi selama satu tahun terakhir: Terapi awal 3 bulan pertama hanya Terapi Sensor Integrasi 2x seminggu. Rabu 08.45-09.30 Jumat 08.45-09.30 Setelah 3 bulan konsultasi lagi ke dr.Luh kemudian ditambah Terapi Wicara, tapi karena baru ada space untuk 1kali. Jadi selama kurang lebih 3 bulan pertama terapi wicaranya hanya satu minggu sekali. Selasa 08.45-09.30 Rabu 08.45-09.30 Jumat 08.45-09.30 Setelah ada space yang kosong akhirnya ditambah jadi 2x terapi. Selasa 08.45-09.30 Rabu 08.45-09.30 Jumat 08.00-09.30 Begitu seterusnya sampai di bulan Oktober kemaren terapis wicaranya ijin cuti melahirkan. Akhirnya ada pergantian jadwal jadi lebih simple si. Cuma 2x sminggu tapi terapi tetep 2x Rabu 08.45-10.15 Jumat 08.00-09.30 Dan selama 1 tahun itu ada kurang lebih 4x pertemuan dengan dr.Luh (3bulan sekali). Untuk evaluasi hasil terapi per 3 bulan. Diagnosa kemungkinan PDD NOS

Umur berapa? F O U R

Si bocah super ucul ini udah 4 tahun lho..  Setiap ditanya Ghiffari ulang tahun ke berapa dia jawab "FOUR" Karena belakangan demen banget maen games minion jadi gw beride bikin surprise cake yang ternyata dia seneng banget ampe dijagain melulu kuenya hihihi... Taun ini tiup lilin di sekolah yang pertama kali.  Dan temen-temennya semua juga pada sibuk liatin kue ini sambil dipegang-pegang. Ini bocah-bocah preschool pada lucuk amat yak. Kuenya sendiri seperti taun sebelumnya pesen di April Cake . Sneak and Peak kelasnya bocah. Abis tiup lilin disuruh cium bocah. Fotonya cuma ada yang gw cium Ghiffari  padahal mestinya ada yang gw ama Chaca cium Ghiffari cuma sayang banget fotonya blur.  Hiks.. Dibikinin ama gurunya di sekolah...  Gw jadi inget waktu jaman gw TK guru TK gw gambar manual pake kapur warna warni sungguh beruntung guru TK jaman sekarang :p Di sekolahnya Ghiffari ada aturan ga usah bagi-bagi Goody Bag walaup

I am Blessed.. (2)

Pagi ini gw bangun dengan perasaan agak mellow. For an update, gw menerima ajakan bos gw untuk pindah bagian supaya tetep stay under 'jajahan' dia dan pertimbangan lain adalah untuk melihat pekerjaan gw dari sisi perspektif yang lain. Setelah berulang kali bos gw menawarkan dan gw selalu bilang "yah liat nanti kalo ada posisi" akhirnya beneran ada posisi. Dan kali ini gw kudu jawab serius. Gw sempet galau sibuk tanya sana sini dan berulang kali nanya ama diri sendiri apa yang sebenernya gw mau. Akhirnya gw putuskan buat terima. I need to get out from this super comfy zone. Setelah keputusan dibuat dan gw kasih tau bos gw. Mulai lah komentar berdatangan. Inilah yang bikin gw mellow. FYI buat orang yang udah kenal gw biasanya tau banget kalo gw orangnya super cuek. Well gw berusaha buat kerja sebaik mungkin donk bukan buat orang lain tapi justru buat diri sendiri. Ada satisfaction ketika gw bekerja sesuai dengan standar gw. Ok kembali soal komentar... Ket