Skip to main content

Hitung-hitung Biaya Liburan Ke Taipei 5D4N

Sesuai janji manis gw di postingan sebelumnya. Mudah-mudahan ini bisa jadi gambaran siapa tau ada yang mau liburan ke Taiwan.
Karena ini untuk keluarga yang terdiri dari 5 orang jadi hitungannya per orang jadi jauh lebih murah.

Flight
Tiket Pesawat Pulang Pergi (Garuda Indonesia) : 335 USD (harga promo) 

Dari hasil bolak balik Jakarta-Taipei berkali-kali harga termurah tiketnya kisaran segini baik untuk Garuda Indonesia, China Airlines ataupun Eva Air (Direct Flight). Kalo yang transit gw belum pernah pake. 
Peak season keluar dan masuk Taipei itu di waktu Imlek dan end of year. Sisanya ga begitu rame. Karena di Taiwan jarang banget ada tanggal merah. Bahkan Natal pun ga merah, kalo Lebaran jelas donk ya wong cuma 5% penduduk Islamnya dan itupun TKW yang bermukim disana orang lokalnya sendiri ga banyak.

Hotel and Services
Howard Green Garden Hotel : 3800 NT/night
Early Check in                       : 1900 NT
Shuttle Bus to/from Airport    : 1600/trip

Gw akan review di satu postingan khusus buat hotel ini btw harga diatas udah include breakfast yaa..

City Tour
City Tour Around Taipei  : 31 USD
City Tour to Wulai           : 46 USD
Night Tour around Taipei : 46 USD

Bisa cek link ini buat lengkapnya selain yang gw tulis ini masih lebih banyak lagi tour yang bisa diambil kalo emang tertarik buat ambil tour. Kalo ga yaa model google map juga ok ko. Atau disetiap tempat yang didatengin di city tour ini juga menyediakan tourism centre jadi dateng aja dulu udah gitu samperin deh tourism centrenya. Cerita lebih lengkapnya bakal gw bahas lagi nanti.

Dan salah satu yang pengen gw sama Chaca sambangi adalah TAROKO. Kabarnya itu adalah salah satu tujuan wisata Taiwan yang harus dikunjungi.

Transportation
Taksi setiap buka pintu 70 NT
MRT atau Buses bisa ambil easy card yang 5 day pass.
Ada versi juga yang bisa naek Maokong Gondola.
Untuk nyokap gw dan tante-tante gw kemaren ga gw beliin beginian karena banyakan pake taksi dan dijemput pake tour. Jadi gw pikir ga perlu toh pas gw ajak naek bus bisa pake koin. Dan untuk MRT bisa beli koin sesuai tujuan. 




Food
Buat yang bukan muslim gw rasa bisa makan dengan bebas dimana saja dengan harga yang menurut gw relatif sedang, ga mahal sekitar 100-120 NT pun udah dapet makanan ala cafe. Cafe di Taiwan itu kecil-kecil ya model rumahan yang cukup  Khusus buat Muslim, gw pernah tulis review mengenai Wisata Kuliner Halal di Taipei. Bisa cek disitu. Harganya beragam sih.

Gw coba review disini deh buat ukuran harga

Day 1
Bismillah Restaurant
Ini pertama kalinya gw kesini sementara Chaca kayanya udah puluhan kali (lebay) disini makanannya tipenya paketan misal 4 lauk 2 sayur. Sementara minum air teh, air putih, anget dingin manis apa lah itu semua refilll.. Big Yeay..
Kalo ga salah untuk paket 4 lauk dan 2 sayur sekitar 2000an NT. Lupa soalnya bagian bayar urusan laki gw hahahaha.. *istri matre

Day 2
KunMing Restaurant
Gw udah pernah bahas ini dan sama seperti kasus-kasus sebelumnya. Gw ga pernah tau bayarnya berapa. Yang gw paling suka disini adalah Tandoori Chickennya. Kalo ga salah harganya jg ga beda jauh sama Bismillah Restaurant. Berhubung gw belum bisa kasih konfirmasi berapa total yang kita bayar waktu itu.
Pesennya satuan kalo ga salah kita pesen spicy shrimp, tandoori, 2 kind of veggies, Nasi Biasa, Capatti, Nasi Kebuli, Beef Curry, Milk Tea. Dan ongkos makan yang harus dikeluarkan jg sama sekitar 2000an NT.

Day 4
Satay House
Ini adalah makan paling mahal kita di Taipei, memuaskan sih seperti biasanya tapi makjanggg mahal juga pas bayar.. Makan berdelapan abis 3300NT.
Nasi buat 8 orang, sate 4 porsi, Tumis Buncis, Tom Yam, Ikan Kakap Goreng, Ayam Kalasan, Udang Asam Manis, Tempe Tahu
Dan porsinya JUMBO hahaha karena si empunya udah tau donk ngeliat kita bawa orang banyak bener.

Day 5
IndoSakura deket Mesjid di sebelah bekas cafe IndoJaya (sekarang udah tutup ternyata)
Gw sih makan nasi + sayur + ikan + tempe seharga 100NT
Dan Nasi Goreng juga 100 NT
Jadi kayanya standar sekitar 100NT disini

Btw maaf ya gw kan orangnya rakusan jadi pasti begitu makanan dateng gw langsung hajar aja. Ga pernah inget mau foto kecuali pas udah sampe rumah leyeh-leyeh baru deh inget... 
Entar coba gw cari-cari di google ya atau suruh pak suami foto-foto.

Kayanya bisa diitung-itung kan ya in total jadi berapa. Kalo sekali makan 100-200NT dan kita sehari 2x makan karena sarapan dari hotel. Per orang akan abis 200-400NT sehari. Jadi 5 hari sekitar 1000-2000 NT per orang. 

Mau lebih murah? Bawa makanan dari Indonesia aja, kaya rendang dan lain-lain. Telur bisa beli di supermarket terdekat dan di service apartment bisa masak :) 
Kalo buat yang non muslim, wah ini waktunya wiskul kayanya banyak banget tempat makan. Tapi kalo gw pribadi bilang makanannya rasanya rada hambar ya ga banyak bumbu kaya kita di Indo gini. 
Buat tau tempat-tempat wiskul nya bisa cek a Hungry Girl in Taipei

Summary

Asumsi : 1 USD = Rp.9800 dan 1 NT=Rp.340 

Ini adalah asumsi yang dikeluarkan per orang yaa.. 











Comments

  1. tiket 335 usd itu untuk 5 orang? murah banget dong ya...

    ReplyDelete
  2. Blog walking :)
    Feel free to visit my summer travel diary to Taipei: http://happiness-project.blogspot.com/2015/07/travel-guide-to-taipei-my-awesome.html

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Rangkuman Hasil Terapi Ghiffari selama setahun

Terhitung setahun kurang beberapa minggu (dulu mulai terapi awal February). Rekap Terapi selama satu tahun terakhir: Terapi awal 3 bulan pertama hanya Terapi Sensor Integrasi 2x seminggu. Rabu 08.45-09.30 Jumat 08.45-09.30 Setelah 3 bulan konsultasi lagi ke dr.Luh kemudian ditambah Terapi Wicara, tapi karena baru ada space untuk 1kali. Jadi selama kurang lebih 3 bulan pertama terapi wicaranya hanya satu minggu sekali. Selasa 08.45-09.30 Rabu 08.45-09.30 Jumat 08.45-09.30 Setelah ada space yang kosong akhirnya ditambah jadi 2x terapi. Selasa 08.45-09.30 Rabu 08.45-09.30 Jumat 08.00-09.30 Begitu seterusnya sampai di bulan Oktober kemaren terapis wicaranya ijin cuti melahirkan. Akhirnya ada pergantian jadwal jadi lebih simple si. Cuma 2x sminggu tapi terapi tetep 2x Rabu 08.45-10.15 Jumat 08.00-09.30 Dan selama 1 tahun itu ada kurang lebih 4x pertemuan dengan dr.Luh (3bulan sekali). Untuk evaluasi hasil terapi per 3 bulan. Diagnosa kemungkinan PDD NOS

Umur berapa? F O U R

Si bocah super ucul ini udah 4 tahun lho..  Setiap ditanya Ghiffari ulang tahun ke berapa dia jawab "FOUR" Karena belakangan demen banget maen games minion jadi gw beride bikin surprise cake yang ternyata dia seneng banget ampe dijagain melulu kuenya hihihi... Taun ini tiup lilin di sekolah yang pertama kali.  Dan temen-temennya semua juga pada sibuk liatin kue ini sambil dipegang-pegang. Ini bocah-bocah preschool pada lucuk amat yak. Kuenya sendiri seperti taun sebelumnya pesen di April Cake . Sneak and Peak kelasnya bocah. Abis tiup lilin disuruh cium bocah. Fotonya cuma ada yang gw cium Ghiffari  padahal mestinya ada yang gw ama Chaca cium Ghiffari cuma sayang banget fotonya blur.  Hiks.. Dibikinin ama gurunya di sekolah...  Gw jadi inget waktu jaman gw TK guru TK gw gambar manual pake kapur warna warni sungguh beruntung guru TK jaman sekarang :p Di sekolahnya Ghiffari ada aturan ga usah bagi-bagi Goody Bag walaup

si Mata Minus and Hard Lense

Dulu sekitar 5 tahun lalu gw pernah bikin postingan soal Mata Minus  vs melahirkan . Semenjak terakhir cerita itu ditulis minus gw masih naik loh tiap tahun. Well ga tiap tahun sih karena di tahun 2012, setelah satu tahun berenti bekerja. Minus gw BERKURANG. Sekitar 0.5. Jadi ya ceritanya sekitar tahun 2007, gw dateng ke JEC buat periksa mata dan nanya-nanya soal LASIK. Terus dari hasil obrolan sama dokter mata saat itu. Beliau bilang mendingan nunggu sampai minus mata stabil. Karena kalo ga sayang, kalo abis dilasik terus ga berapa lama minusnya keluar lagi. Abis denger penjelasan kaya gini, okelah gw memutuskan nunggu aja dulu 1-2 tahun (soalnya duit buat lasiknya jg ga ada gaya doank nanya-nanya deh -_- ). 7 tahun berselang, mana nih minus tetep aja naek terus. Dan posisi terakhir minus gw setahun kemarin adalah 8.00. Setahun yang lalu pas cek mata berkala sambil curhat sama dokter matanya yang manis dan keibuan di Hermina Bogor (lupa namanya siapa), disaranin coba ke JEC